Selasa, 25 Desember 2012

Tugas Resume MSDM - Pertemuan 12

Audit Sumber Daya Manusia

Pengertian : 
Merupakan suatu proses sistematik dan formal yang didesain untuk:
  • Mengukur biaya dan manfaat keseluruhan program manajemen SDM.
  • Membandingkan efisiensi dan efektivitas keseluruhan program manajemen SDM dengan kinerja organisasi di masa lalu, kinerja organisasi lain yang dapat dibandingkan efektivitasnya, dan tujuan organisasi.
Tujuan Audit SDM
  • Membantu memberikan kontribusi yang signifikan terhadap tujuan‐tujuan organisasi dan penciptaan nilai departemen SDM.
  • Mendapatkan umpan balik, baik dari karyawan maupun manajer yang berkaitan dengan tugas‐tugas dan pengelolaan SDM
  • Membantu Manajer SDM dalam membuat keputusan
Manfaat Audit SDM
  • Mengevaluasi keefektifan berbagai fungsi SDM – rekrutmen dan seleksi, kompensasi, pelatihan, penilaian kinerja, dsb;
  • Menganalisis kontribusi fungsi SDM pada operasi bisnis perusahaan;
  • Melakukan benchmarking kegiatan SDM untuk mendorong perbaikan terus menerus;
  • Mengidentifikasi berbagai masalah strategik dan administratif implementasi fungsi SDM;
  • Menganalisis kepuasan para pengguna pelayanan departemen SDM;
  • Mengevaluasi ketaatan terhadap berbagai peraturan perundangundangan, kebijakan dan regulasi pemerintah;
  • Meningkatkan keterlibatan fungsi lini dalam implementasi fungsi SDM
  • Mengukur dan menganalisis biaya dan manfaat setiap program dan kegiatan SDM;
  • Memperbaiki kualitas staf SDM;
  • Memfokuskan staf SDM pada berbagai isu penting;
  • Mendorong keseragaman kebijakan‐kebijakan dan praktik‐praktik personalia 
Lingkup Audit SDM

1. Audit Strategi Korporasi
  • Menilai keterkaitan dan konsistensi kebijakan dan prosedur SDM dengan tujuan dan strategi perusahaan;
  • Mempelajari rencana bisnis jangka panjang, dan melakukan peninjauan lingkungan secara sistematis guna mengungkap tren‐tren yang berubah
2. Audit Fungsi SDM
  • Merupakan penilaian atas berbagai fungsi yang dijalankan departemen SDM. Terdiri atas :
A. Audit Sistem Informasi Sumber Daya Manusia
B. Audit Penyediaan dan Pengembangan SDM
C. Audit Kontrol dan Evaluasi Organisasi

3. Audit Kepuasan Karyawan
  • Kinerja departemen SDM dinilai efektif jika mampu mencapai tujuan perusahaan dan sekaligus juga memenuhi kebutuhan para karyawan.
  • Jika kebutuhan karyawan tidak terpenuhi, maka cenderung akan timbul turnover, kemangkiran, dan aktivitas serikat pekerja.
  • Moral dan kepuasan karyawan adalah prekondisi atau prasyarat bagi peningkatan produktivitas, keresponsifan, kualitas, dan pelayanan pelanggan.
  • Kepuasan karyawan dapat diukur dengan survei kepuasan (satisfactory survey) yang dilakukan secara periodik.
4. Audit Ketaatan Manajerial
  • Ketaatan Internal
 - Menilai dan mengukur berbagai kegiatan MSDM para manajer lini. Apakah sesuai dengan berbagai kebijakan, prosedur, dan aturan yang berlaku?
  • Ketaatan Eksternal
 - Mengantisipasi berbagai regulasi dan informasi yang akan diterapkan oleh pemerintah
 - Menetapkan program dan prosedur untuk menjamin pemenuhan regulasi pemerintah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar