Audit Sumber Daya Manusia
Pengertian :
Merupakan suatu proses sistematik dan formal yang didesain untuk:
- Mengukur biaya dan manfaat keseluruhan program manajemen SDM.
- Membandingkan efisiensi dan efektivitas keseluruhan program manajemen SDM dengan kinerja organisasi di masa lalu, kinerja organisasi lain yang dapat dibandingkan efektivitasnya, dan tujuan organisasi.
Tujuan Audit SDM
- Membantu memberikan kontribusi yang signifikan terhadap tujuan‐tujuan organisasi dan penciptaan nilai departemen SDM.
- Mendapatkan umpan balik, baik dari karyawan maupun manajer yang berkaitan dengan tugas‐tugas dan pengelolaan SDM
- Membantu Manajer SDM dalam membuat keputusan
Manfaat Audit SDM
- Mengevaluasi keefektifan berbagai fungsi SDM – rekrutmen dan seleksi, kompensasi, pelatihan, penilaian kinerja, dsb;
- Menganalisis kontribusi fungsi SDM pada operasi bisnis perusahaan;
- Melakukan benchmarking kegiatan SDM untuk mendorong perbaikan terus menerus;
- Mengidentifikasi berbagai masalah strategik dan administratif implementasi fungsi SDM;
- Menganalisis kepuasan para pengguna pelayanan departemen SDM;
- Mengevaluasi ketaatan terhadap berbagai peraturan perundangundangan, kebijakan dan regulasi pemerintah;
- Meningkatkan keterlibatan fungsi lini dalam implementasi fungsi SDM
- Mengukur dan menganalisis biaya dan manfaat setiap program dan kegiatan SDM;
- Memperbaiki kualitas staf SDM;
- Memfokuskan staf SDM pada berbagai isu penting;
- Mendorong keseragaman kebijakan‐kebijakan dan praktik‐praktik personalia
Lingkup Audit SDM
1. Audit Strategi Korporasi
1. Audit Strategi Korporasi
- Menilai keterkaitan dan konsistensi kebijakan dan prosedur SDM dengan tujuan dan strategi perusahaan;
- Mempelajari rencana bisnis jangka panjang, dan melakukan peninjauan lingkungan secara sistematis guna mengungkap tren‐tren yang berubah
2. Audit Fungsi SDM
- Merupakan penilaian atas berbagai fungsi yang dijalankan departemen SDM. Terdiri atas :
A. Audit Sistem Informasi Sumber Daya Manusia
B. Audit Penyediaan dan Pengembangan SDM
C. Audit Kontrol dan Evaluasi Organisasi
3. Audit Kepuasan Karyawan
B. Audit Penyediaan dan Pengembangan SDM
C. Audit Kontrol dan Evaluasi Organisasi
3. Audit Kepuasan Karyawan
- Kinerja departemen SDM dinilai efektif jika mampu mencapai tujuan perusahaan dan sekaligus juga memenuhi kebutuhan para karyawan.
- Jika kebutuhan karyawan tidak terpenuhi, maka cenderung akan timbul turnover, kemangkiran, dan aktivitas serikat pekerja.
- Moral dan kepuasan karyawan adalah prekondisi atau prasyarat bagi peningkatan produktivitas, keresponsifan, kualitas, dan pelayanan pelanggan.
- Kepuasan karyawan dapat diukur dengan survei kepuasan (satisfactory survey) yang dilakukan secara periodik.
4. Audit Ketaatan Manajerial
- Ketaatan Internal
- Menilai dan mengukur berbagai kegiatan MSDM para manajer lini. Apakah sesuai dengan berbagai kebijakan, prosedur, dan aturan yang berlaku?
- Ketaatan Eksternal
- Mengantisipasi berbagai regulasi dan informasi yang akan diterapkan oleh pemerintah
- Menetapkan program dan prosedur untuk menjamin pemenuhan regulasi pemerintah
- Menetapkan program dan prosedur untuk menjamin pemenuhan regulasi pemerintah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar