Minggu, 31 Maret 2013

Tugas Resume JarKom Pert 6 - IP Address

IP Address

IP address adalah alamat identifikasi komputer/host yang berada didalam jaringan. Dengan adanya IP address maka data yang dikirimkan oleh host/komputer pengirim dapat dikirimkan lewat protokol TCP/IP hingga sampai ke host/komputer yang dituju.
Setiap komputer/host memiliki IP address yang unik sehingga dua komputer/host yang berbeda tidak boleh memiliki IP address yang sama dalam satu jaringan.

  • IP Public
    • Sebuah alamat IP publik yang ditugaskan untuk setiap komputer yang terhubung pada internet dimana setiap IP adalah unik. Maka akan tidak bisa ada dua komputer dengan alamat IP publik yang sama dalam seluruh Internet. Skema pengalamatan memungkinkan komputer untuk “menemukan satu sama lain” dan melakukan pertukaraninformasi. Pengguna tidak memiliki kontrol atas alamat IP (publik) yang diberikan ke komputer. Alamat IP publik ditugaskan untuk komputer oleh Internet Service Provider secara langsung setelah komputer terhubung ke gateway Internet. 
  •  IP Private
    • Sebuah alamat IP dianggap pribadi jika nomor IP termasuk dalam salah satu rentang alamat IP untuk jaringan pribadi seperti Local Area Network (LAN).
 
IP Class
Pembagian IP Class
  • IP Class A
IP address kelas A terdiri atas 8 bit untuk network ID dan sisanya 24 bit digunakan untuk host ID, sehingga IP address kelas A digunakan untuk jaringan dengan jumlah host sangat besar. Pada bit pertama diberikan angka 0 sampai dengan 127.

Karakteristik IP Class A :
   Bit pertama : 0
   NetworkID : 8 bit
   HostID : 24 bit
   Oktat pertama : 0 - 127
   Jumlah network : 126 (untuk 0 dan 127 dicadangkan)
   Rentang IP : 1.x.x.x - 126.x.x.x
   Jumlah IP address : 16.777.214
  • IP Class B
 IP address kelas B terdiri atas 16 bit untuk network ID dan sisanya 16 bit digunakan untuk host ID, sehingga IP address kelas B digunakan untuk jaringan dengan jumlah host tidak terlalu besar. Pada 2 bit pertama, diberikan angka 10.

Karakteristik IP Class B :
   Bit pertama : 10
   NetworkID : 16 bit
   HostID : 16 bit
   Oktat pertama : 128 - 191
   Jumlah network : 16.384
   Rentang IP : 128.1.x.x - 191.255.x.x
   Jumlah IP address : 65.534
  • IP Class C
IP address kelas C terdiri atas 24 bit untuk network ID dan sisanya 8 bit digunakan untuk host ID, sehingga IP address kelas C digunakan untuk jaringan berukuran kecil. Kelas C biasanya digunakan untuk jaringan Local Area Network atau LAN. Pada 3 bit pertama, diberikan angka 110.

Karakteristik IP Kelas C
   Bit pertama : 110
   NetworkID : 24 bit
   HostID : 8 bit
   Oktat pertama : 192 - 223
   Jumlah network : 2.097.152
   Rentang IP : 192.0.0.x - 223.255.225.x
   Jumlah IP address : 254
  • IP Class D
 IP Address Kelas D digunakan untuk multicasting, yaitu pemakaian aplikasi secara bersama-sama oleh sejumlah komputer. Multicasting berfungsi untuk mengirimkan informasi pada nomor host register. Host-host dikelompokkan dengan meregistrasi atau mendaftarkan dirinya kepada router lokal dengan menggunakan alamat multicast dari range alamat IP Address kelas D.
  • IP Class E
IP Address kelas E merupakan kelas IP address yang bersifat "eksperimental" atau percobaan. Eksperimen tersebut dipersiapkan untuk penggunaan IP Address di masa yang akan datang.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Classfull Addressing  : Pengalamatan berdasarkan kelas, tanpa perlu ada subnetting.
Subnetted Classfull Addressing :  Pengalamatan dengan subnetting.
Classless Addressing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar